Selasa, 21 Desember 2010

Kesabaran, Kesadaran Dan Dharma

Selasa, 17 Agustus 2010
Kesabaran, Kesadaran dan Dharma
Mengapa sangat sulit untuk mempraktekkan ajaran dharma ?

Benar sekali. Mengetahui tidak berarti otomatis bisa melaksanakan. Ini terjadi dimana-mana. Apa sebabnya ? Pertama karena kita sudah mengotori bathin kita dalam banyak sekali kelahiran sebelumnya. Kedua karena antara jnana [pengetahuan tentang dharma] dan realisasi cara kita bertindak, itu bagaikan dua gunung yang dipisahkan oleh jurang yang sangat dalam. Tidak nyambung. Jembatan yang bisa menghubungkan kedua gunung ini adalah jembatan yang bernama praktek.

Baca buku suci itu gampang. Menghafal juga gampang. Membadankan apa yang kita tahu dalam keseharian, itu yang berat. Akan tetapi bukan tidak ada caranya. Kalau kita serius di jalan dharma, kita bisa membadankan jnana [pengetahuan] dalam keseharian kita, melalui sebuah kekuatan yang bernama damyata [kesadaran].

BANGUN TIDUR

1. Setiap kita bangun tidur di pagi hari, yang pertama kita ingat adalah berterimakasih kepada Hyang Widhi atas segala hal, yang baik maupun yang buruk dalam hidup kita. Om Deva Suksma Paramaacintya Ya Namah Svaha.

2. Lalu ingatlah bahwa bagaimana hidup kita ini juga ditentukan oleh pihak lain [kebahagiaan-kesedihan]. Dan dalam hidup ini ada dua pilihan : kalau saya penuh welas asih dan kebaikan kepada orang lain, yang akan datang adalah kebahagiaan. Kalau saya menyakiti orang lain, yang akan datang adalah kesedihan.

3. Ketika turun dari tempat tidur dan akan melangkah, katakan ke diri sendiri : langkah saya hari ini adalah, kaki kanan saya damyata [kesadaran] dan kaki kiri saya keseimbangan bathin [kesabaran]. Untuk terus mengingatkan diri kita setiap melangkah akan pentingnya kesadaran dan kesabaran. Karena menghidupkan cahaya kesadaran itu sangat susah, kita harus terus sadar dan sabar sepanjang waktu.

4. Ketika kita selesai sembahyang pagi, renungkan. Pikiran manusia dijejali terlalu banyak guru [guru sekolah, guru buku bacaan dan buku suci, guru pengalaman hidup, guru spiritual, dll], yang "berperang" setiap hari di dalam bathin. Tuhan dilawankan dengan setan, baik dilawankan dengan buruk, benar dilawankan dengan salah, tinggi dilawankan dengan rendah. Pikiran ini ribut seperti burung-burung yang bernyanyi di pagi hari. Ketika pintu bhakti yoga terbuka, biarkan seluruh burung-burung itu terbang ke udara, menyisakan sebuah bathin : rasa bhakti [welas asih] yang mendalam, yang menerangi apa saja dan siapa saja.

5. Ketika makan renungkan, kita hidup diatas kemiskinan orang lain dan penderitaan mahluk lain. Nasi sayur daging, semuanya hasil pengorbanan orang lain dan mahluk lain. Petani padi miskin. Petani sayur miskin. Renungkan, agar saya bisa makan daging, hari itu ada satu binatang yang terbunuh. Kebaikan petani, mereka rela miskin hanya agar saya bisa makan nasi dan sayur. Kebaikan binatang mereka rela mati hanya agar saya bisa makan daging. Sehingga jangan lupa untuk mengisi hari itu dengan penuh kebaikan.

Isi pagi hari kita dengan renungan pesan-pesan kesadaran.

AKTIFITAS SEHARI-HARI

Kesadaran akan bangkit melalui latihan / praktek. Dan praktek ini dilatih dalam keseharian kita. Dimarahin istri, dibentak sama atasan di kantor, anak yang sangat bandel, dihina tetangga, dll, semuanya merupakan sarana kesadaran, kalau kita bisa eling lan waspodo. Mempraktekkan ini agar bisa membadan memakan waktu lama, tapi sangat membantu.

Sebelumnya disini ada beberapa contoh orang yang kesadarannya belum dibangunkan : Ketika makan enak, kita cenderung makannya bersemangat. Kenapa ? Karena ketika makan enak, kesadaran kita diambil alih oleh hawa nafsu makan. Dalam keadaan biasa, ketika tidak ada wanita sikap kita biasa-biasa saja. Tapi coba kita berduaan dengan wanita cantik tanpa busana, mulai jantung berdebar-debar dag-dig-dug, muncul pikiran yang tidak-tidak. Kenapa ? Karena kesadaran diambil alih oleh nafsu seks. Ketika kita lagi mesra dengan istri, sangat mudah bicara sabar. Tapi coba ketika istri sedang sangat cerewet dan ngomel-ngomel, apalagi pakai menghina kita : laki-laki goblok. Perasaan kita mulai terasa panas. Kenapa ? Karena kesadaran kita diambil alih oleh kemarahan. Itu beberapa contoh orang yang kesadarannya lemah.

Kalau kita serius di jalan dharma, kesadaran jangan sampai melemah. Seenak apapun makanan kita, biarkan kesadaran yang memimpin, sadari kita sedang makan enak dan sadari kalau nafsu makan enak itu hanyalah aktifitas indriya yang tidak akan mengambil alih kesadaran. Secantik dan seterbuka apapun wanita di depan kita, biarkan kesadaran yang memimpin, sadari bahwa dalam pikiran kita muncul nafsu seks dan sadari kalau nafsu seks itu hanyalah aktifitas pikiran yang tidak akan mengambil alih kesadaran. Secerewet dan semenghina apapun istri kita, biarkan kesadaran yang memimpin, sadari bahwa dalam pikiran kita muncul kemarahan dan sadari kalau kemarahan itu hanyalah aktifitas pikiran yang tidak akan mengambil alih kesadaran.

Apapun yang terjadi dalam hidup, bathin kita tetap sadar, tenang seimbang. Simboliknya dalam ajaran Hindu adalah Bunga Padma [teratai]. Tidak basah oleh air, tidak ada godaan yang bisa menyentuh bathin.

Ketika kita bisa membangkitkan cahaya kesadaran dalam diri [damyata], saat makan enak kita tidak jadi mulut yang sedang makan enak, tapi menjadi cahaya kesadaran. Ketika dimarahi istri, kita jadi cahaya kesadaran. Ketika kerja di kantor, kita jadi cahaya kesadaran. Ketika kita berhasil menghidupkan cahaya kesadaran sempurna di dalam bathin kita, kesadaran akan mengundang datangnya kesadaran semesta.

Rumah yang kotor akan mengundang tikus dan kecoa. Rumah yang bersih dengan taman yang indah, akan mengundang kupu-kupu. Ketika kita sabar, kita akan mengundang kesejukan dan kedamaian. Ketika kita marah, kita akan mengundang kemarahan dan kesedihan. Ketika kita penuh kesadaran, kita akan mengundang datangnya kesadaran yang sempurna. Karena barangsiapa yang kesadarannya sudah bangun, dialah yang di dalam bathinnya sendiri akan bertemu dengan kesadaran semesta.

Jalan kesadaran ini memang sulit, serta perlu waktu panjang dan lama. Sehingga tidak penting menjadi sempurna. Yang terpenting adalah grafiknya dapat terus meningkat dari hari ke-hari, seiring berjalannya waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar