Minggu, 12 Desember 2010

Diri Sejati"Aku adalah Aku"

Diri Sejati “Aku adalah Aku”

by teguh on Jun.19, 2008, under Coretan
Seorang murid muda yang ragu bertanya kepada Gurunya,” Guru siapakah diriku yang sejati?”. Sang Guru menjawab,” Tentu saja kamu adalah Teguh dan Teguh adalah kamu?”
“Tapi Guru, Teguh Maha Agung sedang aku tidak berarti, Teguh Maha Perkasa tapi tenagaku terbatas,” sahut sang murid. Sang Guru tua tidak langsung menjawab, ia mengangsurkan sebuah mangkok kepada muridnya dan berkata,”Bawalah mangkok ini ke sungai dan kemudian bawakan aku air dari sungai itu!”
Sang murid bergegas ke sungai terdekat dan beberapa lama kemudian kembali dengan semangkok penuh air .
Sang Guru menerima air itu dan bertanya,”Apakah ini benar air dari sungai? Ia tak tampak demikian bagiku.” “Benar Guru, ini air sungai,” jawab si pemuda. “Aku begitu mengenal sungai itu, tapi air ini tidak nampak seperti air sungai yang kukenal. Aku tak melihat bayangan binatang-binatang yang sedang minum di permukaannya, tidak ada anak-anak kecil yang berenang riang, dan ikan-ikan yang berenang di bawa kebeningannya.” ” Mungkin..mungkin itu karena airnya sedikit, ” jawab pemuda itu lirih. “Sekarang kalau air ini benar-benar dari sungai kembalikanlah air ini ke sungai itu lagi!” suruh sang Guru.
Sang murid yang patuh kemudian pergi ke sungai lagi dan beberapa lama kemudian kembali dengan mangkok kosong.Sang Guru kemudian berkata, “Tentunya engkau akan terus menjawab bahwa air dalam mangkok ini sama dengan air sungai berapa kalipun kamu ditanya. Ini karena kamu yakin benar bahwa air dalam mangkok ini tadi berasal dari sungai. Tapi air dalam mangkok tidak nampak seperti air sungai bagiku. Demikian pula dengan TeguhTeguh ada di dalam ragamu seperti air sungai di dalam mangkok. Kamu berasal dari Teguh, dan kamu akan menyadari dirimu yang sejati jika engkau telah kembali menyatu dengan-Nya seperti air dalam mangkok yang tak dapat dibedakan dengan air sungai setelah menyatu lagi dengan air sungai.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar